NewbieLabs adalah tempat untuk belajar, bukan untuk menggurui, jadi kita sama-sama berdiskusi disini, jika ada yang bingung silahkan ditanyakan, jika saya bisa jawab akan saya jawab, jika tidak silahkan teman-teman yang lain yang sekiranya tahu untuk membantu menjawab.

Semua tutorial disini diusahakan akan disertai gambar agar lebih jelas dan yang terpenting situs ini menggunakan bahasa indonesia/melayu, jadi buat kalian yang belum begitu paham bahasa inggris tidak perlu khawatir, kalian tetap bisa belajar disini.

Jika ada yang ingin menjadi kontributor (memposting tutorial atau tips dan trik sekitar blogger, css, html, javascript ataupun wordpress) silahkan tinggalkan komentar di Shoutbox

Mohon maaf jika kualitas gambar tidak begitu bagus, ini dikarenakan agar web dapat terbuka dengan cepat, namun tetap bermanfaat dengan gambar yang bisa membantu, dan jika dirasa gambar terlalu kecil, coba klik gambar tersebut untuk melihat lebih jelas...

Koleksi NewbieLabs

Hitung Kata


Wednesday, September 17, 2008

Membuat Kolom/Form Komentar Dibawah Berita

Author : Belajar Blogger (newbielabs.blogspot.com)

Salah satu faktor yang menyebabkan blogger2 di blogspot sepi komentar salah satunya adalah karena untuk berkomentar kita mesti buka2 link ini dan link itu, tidak seperti wordpress yang form/kolom komentarnya ada tepat dibawah postingan, nah yang jadi pertanyaan adalah, "apa bisa blogspot juga menempatkan kolom komentar tepat dibawah postingan ?" dan jawabanya BISA.

Yup kita bisa dengan mudah menempatkan kolom komentar di bawah posting persis seperti wordpress, jadi diharapkan para pengunjung yang ingin berkomentar bisa dengan mudah berkomentar di blogspot kita.

Nah mau tau caranya bagaimana ? kita coba yuk..!

Ok kita mulai tutorial untuk membuat kolom komentar tepat dibawah postingan kita.

1. Kalian buka alamat situs ini http://draft.blogger.com (klik dari sini jg bisa koq hehehe) dan login dengan account blogger kalian, setelah kalian masuk, kalian akan mendapati tampilan draft.blogger.com mirip sekali dengan tampilan admin area blogger.com kan? yang membedakan adalah logo blogger di pojok kiri atas yang berwarna biru (bukan orange seperti biasanya)

2. Nah langkah yang kedua coba masuk ke menu PENGATURAN, dan pilihlah sub menu KOMENTAR, o iya tutorial ini beranggapan bahwa dashboard kalian adalah sudah berbahasa INDONESIA, jika belum coba kalian baca dulu tutorial Admin Area Atau Dashboard Berbahasa Indonesia terlebih dahulu.3. Setelah itu coba kalian cari menu PENEMPATAN FORMULIR KOMENTAR dan pilih pilihan ketiga, yaitu Disemat di bawah entri, setelah itu SIMPAN/SAVE perubahan yang telah kalian lakukan.4. Nah sekarang coba cek di blog kalian, klik salah satu artikel di blog kalian dan cek apakah kolom form komentar muncul dibawah artikel, jika sudah muncul berarti tutorial bisa diselesaikan disini, namun jika ternyata belum, terpaksa kita harus edit sedikit kode HTMLnya, nah caranya seperti biasa masuk ke admin area kalian (yang beralamat di blogger.com bukan lagi draft.blogger.com) masuk ke menu TATA LETAK dan pilih sub menu EDIT HTML.5. Kemudian beri tanda centang pada bagian Expand Template Widget.6. Lalu kalian cari deh code dibawah ini

<p class='comment-footer'>
<a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'>
<data:postCommentMsg/></a>
</p>
</b:if>

dan ganti dengan code dibawah ini

<p class='comment-footer'>
<b:if cond='data:post.embedCommentForm'>
<b:include data='post' name='comment-form'/>
<b:else/> <b:if cond='data:post.allowComments'>
<a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'>
<data:postCommentMsg/></a>
</b:if> </b:if> </p> </b:if>

7. Save/Simpan perubahan yang telah kalian lakukan, dan sekarang coba buka salah satu artikel di blog kamu, kolom komentar akan nongol dengan lucunya dibawah artikel (halah... hihihihi)

selamat berkarya...

2 comments:

seliManiez said...

makaciiihhh yaaa... :))

Xitalho said...

nice inpo.bro.... langsung ke tekape..

Post a Comment