NewbieLabs adalah tempat untuk belajar, bukan untuk menggurui, jadi kita sama-sama berdiskusi disini, jika ada yang bingung silahkan ditanyakan, jika saya bisa jawab akan saya jawab, jika tidak silahkan teman-teman yang lain yang sekiranya tahu untuk membantu menjawab.

Semua tutorial disini diusahakan akan disertai gambar agar lebih jelas dan yang terpenting situs ini menggunakan bahasa indonesia/melayu, jadi buat kalian yang belum begitu paham bahasa inggris tidak perlu khawatir, kalian tetap bisa belajar disini.

Jika ada yang ingin menjadi kontributor (memposting tutorial atau tips dan trik sekitar blogger, css, html, javascript ataupun wordpress) silahkan tinggalkan komentar di Shoutbox

Mohon maaf jika kualitas gambar tidak begitu bagus, ini dikarenakan agar web dapat terbuka dengan cepat, namun tetap bermanfaat dengan gambar yang bisa membantu, dan jika dirasa gambar terlalu kecil, coba klik gambar tersebut untuk melihat lebih jelas...

Koleksi NewbieLabs

Hitung Kata


Friday, July 11, 2008

Hati Hati Bertukar Link

Author : Belajar Blogger (newbielabs.blogspot.com)

Menurut saya dalam dunia perbloggeran itu ada 3 alasan mengapa orang mengajak bertukar link/menempatkan link orang lain disitus kita, dan apa saja alasan tersebut ?

  1. Untuk mendapatkan linkback yang banyak agar lebih cepat terindex google dan pagerank bisa naik dengan cepat.
  2. Karena sipemasang link suka dengan artikel yang ditulis oleh suatu situs, sehingga dia dengan sengaja memasang link orang tersebut disitus dia. istilah kata ya semacam bookmark buat diri sendiri lah.
  3. Karena sudah kenal sebelumnya (entah kenal di YM, FS, mIRC, tetangga sebelah rumah, teman kampus/smu/smp, ato bahkan orang tersebut ternyata Bos kita sendiri).
Tapi hendaknya kita jeli ketika kita akan bertukar link dengan orang lain, terutama jika kita menginginkan tukaran link berdasarkan point ke 1 dan ke 3, untuk point ke 2 mah kita sebagai pemasang link tidak begitu perduli apakah situs yang linknya kita pasang akan memasang balik link ke situs kita atau tidak.

Namun untuk point ke 1 dan 3, terutama point ke 1, kita jelas mengharapkan orang yang linknya kita pasang disitus kita juga akan memasang link kita di situs dia. untuk point ke 3 kita tidak begitu perduli cara apa yang dilakukan teman kita untuk memasang link disitus dia, yang penting link kita nongol di situs mereka. Tapi untuk para blogger yang sudah sedikit paham masalah linkback untuk SEO tentu harus jeli.

Jeli untuk apa dan kenapa ?

Begini, linkback sangat diperlukan untuk para pakar SEO karena seperti yang dikatakan tadi diatas, semakin banyak linkback akan sangat berguna tentunya untuk situs kita (terutama linkback dari situs yang temanya sama dengan situs kita) karena semakin banyak linkback semakin populer pula situs kita di mata search engine semacam google and the gank namun ternyata sekarang ini banyak berkembang para blogger yang entah sengaja atau tidak mencoba memanfaatkan moment pertukaran link ini untuk mendapatkan one way link yaitu dengan cara menggunakan blogroll/link list dari pihak ketiga, semacam blogrolling.com dan kawan kawan.

Kenapa bisa dikatakan one way link, dan kenapa memangnya kalo make fasilitas blogrolling.com dan sejenisnya ?

Karena yang namanya linkback sejatinya link kita muncul tidak hanya di situs tersebut tapi juga ada didalam code html situs (source code) tsb, untuk lebih jelasnya coba lihat gambar dibawah ini...


Disitu terlihat kan link dari kawan-kawan NewbieLabs ini, nah ketika di cek source codenya (dengan cara klik kanan >> view source code/view page source) link di source code juga terlihat..


Tapi jika kita menggunakan link list dari pihak ketiga, link kita disitus memang muncul, tapi di source code TIDAK, yang ada mungkin hanya javascript dari situs blogroll/linklist pihak ketiga tersebut.

Memangnya kenapa kalau tidak muncul di source code ?

Kalau untuk bertukar link biasa mungkin tidak ada masalah, toh link kita muncul jika kita buka web teman kita itu, dan orang lain yang berkunjung ke web itu juga akan lihat link ke situs kita kan? ya memang orang lain juga bisa melihat link kita tapi TIDAK dengan googlebot..

Apa itu googlebot ?

Gimana ya bingung juga jelasinnya lha wong saya bukan pakar SEO, tapi setau saya tu (setelah coba browsing di internet hihi), googlebot adalah adalah nama program spider yang dimiliki oleh Google. Spider ini dipakai untuk mengindeks website yang ada di Internet, nah si googlebot ini jelas adalah program bukan orang (mo gaji berapa ratus orang tu google kalo yang nge-index dilakuin secara manual oleh orang), jadi dia hanya akan mengecek melalui SOURCE CODE, nah karena link kita di source code tidak terlihat/tidak ada karena teman kita itu menggunakan jasa blogroll/linklist dari pihak ketiga, yang ada malah code javascriptnya dari situs blogroll tsb, maka dari itu si googlebot tidak akan mendata bahwa link kamu ada disitus teman kamu itu.

Nah gimana rugi kan?

Makanya kalo mo tukeran link dengan niat menaikan linkback kita berhati hati dan liat-liat dulu (untuk para pakar SEO) salah salah kita ngasih link tapi teman kita ternyata tidak.

Buat saya pribadi mah tukeran link biasanya gara2 pengen bookmark situs bagus aja (ato kalo yang punya blog cakep - ngelirik mba ngat yang ngakunya HOT ), tapi kalo ternyata dapet linkback dari situs yang tukeran link ma kita ya... kita patuh berucap alhamdullilah.......

eh kalo ada salah2 kata ato penulisan maafin ya, ga ada maksud mo nyinggung orang laen, niatnya cuman berbagi pengetahuan aja

7 comments:

Kristina Dian Safitry said...

ehmmm pantes banyak banget yg ngajak tukeran link. rupanya begitu tho? jadi tahu deh gw, txs infonya..

Belajar Blogger said...

syukur kl memang postingan saya bisa membantu mba, btw blognya ga bisa masuk ni, butuh undangan.. :)

Subagya said...

hohohohoho nice info bro.
Hmm kayanya tergantung niat si blogger mania tersebut bro. Kalau ane siih terserah lah yang penting ane happy blogging :D

Anonymous said...

Bro.. tukeran link yuk.. masukin aja blognya di situs gw http://www.mfdirectory.co.cc
Gak bikin link ke situs gw juga gak pp kok
Klik aja www.mfdirectory.co.cc/submit.php kalo punya banyak blog, masukin aja semuanya

MF Directory - Free Link Directory

Curut said...

Thx buat infonya...

blognya bagus banget buat nubie cupu kaya' gw haha...

Unknown said...

wah, sangat bagus neh infonya.
yang agak bikin kesal itu kalau kita udah link tapi dia ga link back T_T.

kalau pake blogroll macam di blog saya ke detect sama google ga ya kira2? kasian aja kalau ga ke detect link temen2..

P O R I A N T said...

boleh juga infonya...terimakasih ya...

Post a Comment